Pages

Kamis, 27 November 2014

Profesi di bidang IT





no name | 07.47 | 0 Comments



Kali ini saya akan memosting beberapa profesi di Biang Ilmu Teknologi, sebenarnya profesi di bidang Ilmu Teknologi itu banyak sekali namun kali ini saya akan memposting beberapa saja, dan diantara beberapa profesi di bidang IT adalah :
Programmer/Developer
Profesi programmer/developer adalah profesi yang paling sering terdengar, karena profesi ini sudah ada sejak diciptakannya komputer itu sendiri. Profesional dalam bidang software development dan consulting umumnya pernah meniti karir sebagai seorang programmer. Keahlian dalam algoritma dan penguasaan terhadap salah satu atau beberapa bahasa memprograman mutlak diperlukan oleh seorang programmer. Programer adalah profesi inti dan tulang punggung dalam software development karena tidak akan terwujud sebuah software aplikasi tanpa adanya programmer, sedangkan tanpa didukung profesi lainnya, seorang programmer dapat membuat sebuah aplikasi yang berguna walaupun dengan cakupan terbatas.
Berdasarkan jenis programming dan output yang dihasilkan, programmer sendiri ada beberapa macam yaitu:
1.1.Hardware Programmer
Hardware programmer sebenarnya adalah bagian dari hardware engineer. Sesuai namanya, mereka melakukan programming secara low level terhadap hardware, misalnya mikrokontroler, embeded sistem, PLC atau device lainnya. Pada awal diciptakannya komputer, programmer jenis ini lebih dominan karena cara memprogram komputer waktu itu mirip dengan cara memprogram mikrokontroller saat ini. Bahasa yang digunakan dulunya adalah bahasa mesin tetapi saat ini cenderung digunakan bahasa assembly dan C.
1.2. System Programmer
Dalam pekerjaannya, system programmer menggunakan low level dan medium level language. Biasanya mereka dipekerjakan dalam pengembangan sistem operasi dan modul-modul pendukungnya. Para pengembangan driver untuk periferal dan programming dalam SIM/UIM card juga digolongkan ke programmer jenis ini. Perbedaan system programmer dengan hardware programmer adalah: System programmer bekerja pada tahap pengembangan suatu platform / sistem operasi atau yang terkait erat dengannya untuk dijadikan sebagai landasan (platform) bagi pengembangan selanjutnya, sedangkan hardware programmer bekerja pada tahap implementasi suatu produk agar sesuai dengan requirement end user. Programmer jenis ini biasa menggunakan bahasa Assembly, C/C++ dan kemungkinan C# dikemudian hari bila sistem operasi yang menggunakan managed code (.Net) benar-benar diluncurkan.
1.3. Application Programmer
Bagi yang sering mendengar profesi “Application Developer”, “Software Developer”, “Web Developer”, “Enterprise Developer” atau “Developer” saja, profesi-profesi tersebut tergolong sebagai Application programmer. Programmer jenis inilah yang paling banyak dan populer di dunia kerja terutama di Indonesia. Hal ini disebabkan karena aplikasi adalah jenis software yang paling banyak di gunakan.
Perbedaan istilah “application” dengan “software”. Singkatnya, dalam dunia IT, yang disebut application sudah pasti adalah sebuah software, sedangkan software belum tentu sebuah application. Software yang bukan termasuk aplikasi contohnya adalah operating system, device driver, protocol dll. Sedangkan yang dikenal sebagai aplikasi adalah software seperti office suite, image editor, games, sistem informasi retail/swalayan, sistem informasi pendidikan, sistem informasi hotel/retaurant, sistem informasi manajeman gudang, sistem informasi logistik, ERP (Enterprise Resource Planning), SCM (Suply Chain Managemant), CRM (Customer Relationship Managemant) , sistem bank, sistem airline dan masih banyak lainnya.
Dalam pekerjaannya, application programmer menggunakan high level language seperti Java, C#, Visual Basic (VB), VB.Net, Delphi, PHP dll. Dengan menggunakan high level language, proses pengembangan akan lebih mudah dan lebih cepat.
 Hal ini sesuai dengan tuntutan kebutuhan customer yang terus berkembang dengan cepat.
Dalam hal cakupan keahlian yang dibutuhkan, secara kasar jenis aplikasi dapat dibagi menjadi:
·                     Desktop Application (aplikasi yang berwujud Windows Form, WPF, XWindows atau jenis GUI lainnya yang berjalan di O/S masing-masing)
·                     Web Application (aplikasi yang user interface-nya berwujud HTML dan diakses dengan web browser,  biasa dikembangkan dengan framework PHP, ASP.Net, Java, Spring, Ruby on Rails dll )
·                     Database Application (aplikasi yang memerlukan akses ke database menggunakan teknologi seperti ADO.Net, OLEDB, ODBC, JDBC, ORM, Hibernate dll)
·                     Distributed Application (aplikasi terdistribusi/server service seperti Web Service, J2EE, WCF, COM+ dll)
Walaupun digolongkan dalam ke empat macam keahlian tersebut, seringkali seorang application programmer harus memiliki keahlian di beberapa jenis aplikasi untuk dapat menghasilkan aplikasi yang berguna. Contohnya: Web programmer harus memiliki kemampuan dalam web application dan database application untuk dapat mengembangkan aplikasi web yang memerlukan database sebagai penyimpanan data. Tidak sedikit pula programmer yang memiliki keahlian di seluruh jenis aplikasi sehingga sering disebut disebut enterprise application developer.
Programmer/Developer:


Tugas:
1.            Membangun/mengembangkan software terutama pada tahap construction dengan melakukan coding dengan bahasa pemprograman yang ditentukan
2.            Mengimplementasikan requiremant dan desain proses bisnis ke komputer dengan menggunakan algoritma /logika dan bahasa pemprograman
3.            Melakukan testing terhadap software bila diperlukan
Keahlian yang Diperlukan:
1.            Menguasai Algoritma dan logika pemprograman (ini penting sekali)
2.            Memahami metode, best practice dan tool/pemodelan pemprograman seperti        OOP, design pattern, UML (kemampuan membaca dan menerapkan)
3.            Menguasai salah satu atau beberapa bahasa pemprograman populer seperti C++, VB, PHP, C#, Java, Ruby dll (untuk web developer perlu juga menguasai HTML, DHTML, CSS, JavaScript dan AJAX)
4.            Memahami RDBMS dan SQL (Structured Query Language)
5.            Menguasai bahasa Inggris (hal ini sangat penting saat ini karena bahasa en-US merupakan bahasa ibu di dunia IT)
Latar Belakang:
Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Manajemen Informatika, Matematika pemusatan studi Komputasi




Analisis

            Dalam era kini, informasi dipandang sebagai aset atau sumber yang setara dengan sumber-sumber lain dan juga mempunyai kekhususan persoalan dan pengelolaannya, sehingga diperlukan suatu menejemen khusus yaitu sistem manajemen informasi. Sebagai manajemen jelas harus mempunyai etika yang benar karena dengan etika maka kita/manajemen tersebut akan baik.
            Sebagai seorang yang profesional, kita mempunyai tanggung jawab utuk mempromosikan atau membangun etika yang baik dalam menggunakan teknologi informasi di tempat kerja.
            Dengan tumbuhnya etika di semua kalangan baik itu karyawan maupun atasan maka bisa dipastikan perusahaan tersebut akan senantiasa lancar karena mereka mempuyai etika yang baik nsehingga mereka tidak akan berani melenceng dari aturan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.
            Dalam hal atau artikel diatas yang berjudul Progremer/Development kita pun harus mempunyai etika yang baik untuk menjalankan atau menjadi seorang Progremer, apalagi kalau kita sudah sangat profesional maka sudah pasti dan mesti kita mempunyai etika yang baik karena dengan kia mempunyai etika yang sangat baikmaka kita akan menjadi progremer yang baik pula sehingga kita dapat dipercaya oleh banyak orang-orang atau perusahan-perusahan karena mereka atau perusahan-perusahan pasti berfikir bahwa kita akan bekerja secara maksimal dengan ketentuan yang sudah perusahaan tetapkan.
Namun sebaliknya apabila kita mempunyai etika yang jelek maka bisa dipastikan kita sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari orang-orang atau perusahaan-perusahaan meski kita sudah sangat mahir dan jago bahkan profesional dalam bidangnya namun karena kita mempunyai etika yang jelek maka perusahaan-perusahaan akan berfikir ulang untuk memperkejakaan kita di perusahaan mereka.
            Selain itu apabila kita mempunyai etika yang baik maka kita akan cepet dapat job meski kita tidak bekerja di suatu perusahaan, hal ini dikrenakan kita mempunyai etika yang sangat baik sehingga orang-orang akan mengenal kita dengan orang yang baik dan dapat dipercaya untuk menyelesainkan pesenan atau program yang claint minta pada kita dan bahka mungkin kita dapat membuat suatu perusahaan sendiri dan membuka lowongan pekerjaan untuk progremer-progremer yang lainnya. Hal ini juga dikarenakan kita soerang progremer tentunya, karena seorang progremer merupakan suatu pekerjaan yang bisa dibilang tidaklah mudah dan hanya sebagian orang yang mampu menjadi seorang progremer handal.
Di artikel diatas juga sudah dijelaskan secara terperinci apa saja yang harus soerang progremer kuasai dan apa saja tugasnya, namun dibalik itu semua jangan lah kita menganggap atau berpikir bahwa etika tidak penting karena pada artikel diatas tidak sedikitpun dibahas bahkan disinggung yang namanya etika namun sebenernya etika merupakan suatu yang penting walaupun tidak disebutkan atau dibahas secara detail, sebagaimna ang telas jelaskan diatas bahwa etika sangat penting bahkan sama pentingnya dengan apa-apa saja yang harus kita kuasai untuk menjadi seorang progremer.




By no name
A Short Description about youself







Stay Connected With Us
Feed Icon Twitter Icon Facebook Icon Google+ Icon Youtube Icon


Share and Spread Share On Facebook +1 This Post Digg This Post Stumble This Post Tweet This Post Tweet This Post Tweet This Post Save Tis Post To Delicious Share On Reddit Bookmark On Technorati


Related Articles

JOIN THE DISCUSSION

Any feedback, questions or ideas are always welcome. In case you are posting Code ,then first escape it using Postify and then paste it in the comments

0 komentar: