Pages

Kamis, 27 November 2014

linux vs windows





no name | 07.36 | 0 Comments



LINUX adalah salah satu software sistem operasi open source yang bebas untuk didistribusikan di bawah lisensi GNU . Linux merupakan turunan dari Unix dan dapat bekerja pada berbagai hardware mulai dari antar koputer x86 ke RISC .
Dengan GNU ( Gnu Not Unix ) Anda dapat memperoleh program , lengkap dengan kode sumber ( source code ) . Tidak hanya itu, Anda diberikan hak untuk mengkopi sebanyak yang Anda inginkan , atau bahkan mengubah kode sumbernya.Dan itu semua legal dibawah lisensi . Meskipun gratis , lisensi GNU memperbolehkan pihak yang ingin menarik biaya untuk menyalin dan mengirim Program .
Awalnya dibuat oleh seorang mahasiswa Finlandia bernama Linus Torvalds . Linux digunakan untuk menjadi proyek hobi yang diinspirasikan dari Minix , sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum .
12:01 versi Linux dilakukan pada bulan Agustus 1991. Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi Linux , yang merupakan satu-satunya versi dari 0:02 untuk menjalankan shell bash ( GNU Bourne Again Shell ) dan gcc ( GNU C Compiler ) .
Sampai saat ini , Linux adalah sistem UNIX yang sangat lengkap , bisa digunakan untuk jaringan , pengembangan software dan bahkan untuk pekerjaan sehari-hari . Sekarang Linux adalah sistem operasi alternatif yang jauh lebih murah bila dibandingkan dengan sistem operasi komersial ( misalnya Windows 9.x/NT/2000/ME ) . L
inux telah berkembang sangat cepat . Hal ini dapat dimungkinkan karena Linux dikembangkan oleh beragam kelompok orang . Keragaman ini termasuk tingkat pengetahuan , pengalaman dan geografi . Agar kelompok ini untuk berkomunikasi dengan cepat dan efisien , internet menjadi pilihan yang sangat tepat
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN LINUX
A. kelebihan
• Ini adalah open source , bebas dan terbuka. sehingga tidak perlu biaya untuk mendapatkannya . LISENSI GRATIS dan berada dalam permutasi sewenang-wenang .
• Linux sekarang mudah dioperasikan . jika pengguna pertama linux identik dengan hacker , tetapi sekarang banyak orang biasa yang menggunakannya .
• Hampir semua aplikasi yang biasa berjalan di Windows , Linux aplikasi akar yang sudah dikembangkan oleh komunitas Linux , atau bisa juga menggunakan software emulator .
• Memiliki keamanan superior untuk multiuser dirancang sedemikian rupa sehingga ketika virus menyerang pengguna tertentu , akan sangat sulit untuk menyebar ke pengguna lain .
• Cocok untuk PC yang memiliki spesifikasi minimum untuk Linux membutuhkan sumber daya kurang dari Windows.
• Linux dapat dijalankan dalam dua mode .
• Jarang crash atau hang jamming yang mengharuskan kita untuk me-restart komputer karena linux lebih stabil .
• Memiliki masyarakat di berbagai belahan dunia .
• Ada berbagai pilihan seperti Ubuntu , Fedora , Debian , Centos , RedHat , openSUSE , Mandriva , dan sebagainya .
B. kekurangan
• Banyak pengguna yang tidak terbiasa menggunakan linux .
• Dukungan perangkat keras dari vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada linux .
• Instalasi tidak semudah windows.
• Aplikasi di linux tidak berkhasiat sebagai jendela aplikasi .
• Untuk administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix -like , tidak akan mau harus belajar dulu .
• Struktur dan direktori hak akses yang membingungkan bagi pengguna yang terbiasa menggunakan windows .
   Linux memiliki beberapa jenis atau distribusi ( istilah untuk linux ) , termasuk :
1 . Xandros
Xandros Linux adalah sebuah distro Linux berbasis sistem KDE.Tampilannya sangat mirip dengan Microsoft Windows, jadi apabila dioperasikan sangat mudah dan nyaman .
2 . Ubuntu.
Ubuntu adalah distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian .
Ubuntu Proyek ini disponsori oleh Canonical Ltd ( perusahaan milik Mark Shuttleworth ) . Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan . " Ubuntu " berasal dari bahasa kuno Afrika , yang berarti " rasa perikemanusian terhadap sesama manusia " .
3 . CentOS
Adalah sistem operasi bebas yang didasarkan pada Red Hat Enterprise Linux ( RHEL ) . CentOS singkatan dari Community Enterprise Operating System ( OS buatan Komunitas Perusahaan / Komunitas ) .
4 . Debian
Debian adalah kernel Linux sistem operasi berbasis . Debian adalah ' kernel independen ' , yaitu sistem operasi Debian murni dikembangkan tanpa bergantung pada sistem operasi yang ada .
5 . Fedora ( sebelumnya disebut Fedora Core , terkadang disebut juga dengan Fedora Linux ) adalah distribusi Linux berbasis RPM dan yum yang dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas pemrogram serta disponsori oleh Red Hat . Nama ini berasal dari karakter fedora yang digunakan di Fedora Red Hat logo .
6 . Knoppix
Knoppix adalah Linux live- cd distro yang dapat dijalankan melalui CD - ROM tanpa instalasi di hard disk . Distribusi ini berbasis Debian Linux dan diciptakan oleh Klaus Knopper .
7 . Gentoo Linux adalah distribusi Linux yang menggunakan sistem manajemen paket Portage . [ Bandingkan dengan : Debian yang menggunakan paket. Deb , RedHat / Mandrake yang menggunakan paket . Rpm . Manajemen paket ini dirancang untuk modular ( mudah ditambah-tambah ) , portabel ( dapat di port ke distro lain ) , mudah diatur , fleksibel , dan dioptimalkan untuk masing-masing komputer pengguna.
8 . Slackware
Slackware merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Patrick Volkerding dari Slackware Linux , Inc . Slackware merupakan salah satu distro awal , dan merupakan yang tertua yang masih dikelola . Tujuan utama Slackware adalah stabilitas dan kemudahan desain , serta menjadi distribusi Linux yang paling mirip dengan Unix .
9 . Mandriva Linux
Mandriva Linux ( sebelumnya dikenal sebagai Mandrakelinux atau Mandrake Linux ) adalah sistem operasi yang dibuat oleh Mandriva ( sebelumnya dikenal sebagai Mandrakesoft ) .
Mandriva Linux menggunakan RPM Package Manager .
10 . OpenSUSE
SUSE sebelumnya bernama SUSE Linux dan SuSE Linux Professional adalah salah satu distro Linux dari perusahaan Novell , atau lebih tepatnya dari anak perusahaannya Suse Linux GmbH ( Software - und System - Entwicklungsgesellschaft mbH , Nürnberg yang berarti pengembangan - dan - sistem perangkat lunak ) .
11 . Freespire
Freespire adalah versi gratis dari distro Linspire ( aka Lindows ) , maka masalahnya mungkin karena nama , berubah menjadi Linspire .
12 . Linux Mint
Linux Mint adalah sistem operasi berbasis Linux untuk PC . Inti dari LinuxMint adalah Ubuntu , sehingga aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu , juga bisa berjalan pada LinuxMint .
13 . PCLinuxOS
PCLinuxOS , sering disingkat sebagai PCLOS , adalah sebuah sistem operasi desktop . Ini adalah sebuah sistem operasi bebas untuk komputer pribadi yang bertujuan untuk memudahkan penggunaan .
14 . Damn Small Linux
Damn Small Linux ( DSL ) adalah salah satu distro / varian linux mini . Disebut mini karena paket DSL cuma 50MB besarnya . DSL juga memungkinkan untuk diinstall di USB 128MB .
15 . Kuliax
Kuliax adalah distribusi Linux LiveCD yang dikembangkan oleh Kuliax Project untuk pendidikan di universitas . Distribusi ini berbasis Debian GNU / Linux dan Knoppix , dan telah dioptimalkan untuk penggunaan desktop Linux .
16 . Redhat
Distribusi yang paling populer , setidaknya di Indonesia , redhat adalah instalasi distribusi pertama dan pengoperasian yang mudah .
Sementara Microsoft Windows atau lebih dikenal sebagai Windows adalah keluarga sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft , dengan menggunakan operasi Windows antarmuka pengguna grafis.Sistem telah berevolusi dari MS - DOS , sebuah sistem operasi berbasis modus teks dan command - line. Versi pertama dari Windows, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November1983 , tetapi hanya keluar dari pasar pada bulan November 1985 , yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar . Windows 1.0 adalah 16 - bit software ( bukan merupakan sistem operasi ) yang berjalan di atas MS - DOS ( dan beberapa varian dari MS - DOS ) , sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa sistem operasi DOS . Versi 2.x , 3.x versi adalah sama . Beberapa versi terbaru Windows ( mulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1 ) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung pada sistem operasi MS - DOS . Microsoft Windows dan dapat dikembangkan dan dapat dikendalikan menggunakan sistem operasi hingga 90 % .
• Keuntungan Windows :
1 . User friendly dibandingkan dengan sistem operasi lain
2 . Menginstal perangkat lunak itu mudah dibandingkan dengan instalasi sistem operasi lain
3 . Banyak software berbasis Windows
4 . Lebih dukungan driver
5 . Banyak orang menggunakan Windows sehingga banyak perusahaan membuat aplikasi menggunakan dasar Windows. Ada beberapa aplikasi yang tersedia di OS Windows dan tidak pada orang lain . Bahkan beberapa aplikasi penting dunia kerja .
6 . Karena systemnya sudah bersama untuk dikembangkan ( bukan di tempat terbuka Anda tahu ) , maka semakin mudah bagi siapa saja untuk membuat menjalankan perangkat lunak pada Mircosoft Windows. Terutama dunia bisnis membutuhkan aplikasi untuk memenuhi kebutuhan mereka .
7 . Pengembangan lebih cepat daripada kebanyakan software lainnya karena banyak perusahaan software yang konsisten membuat kemajuan pada sistem operasi Windows.
8 . Banyak menawarkan gratis GPL dan Freeware untuk Windows .
9 . Jika ada masalah mudah untuk memecahkan karena hampir semua orang bisa, dan mencari ahli juga tidak sulit di sekitar kita .
• Kekurangan Windows :
1 . Harga lisensi mahal
2 . Komunitas terlalu sedikit , karena ditutup - sumber
3 . Jumlah virus yang dikenal menginfeksi Windows
4 . Sistem keamanan masih dibilang kurang
5 . Sistem ini kurang stabil .
• Macam-Macam Windows
Generasi pertama dari Windows yang disebut Windows 3.0 , yang diikuti oleh Windows 3.1 . Tampilan jendela generasi ini sangat sederhana dan benar-benar berbeda dari Windows yang kita kenal sekarang , setelah keberhasilan Windows 3.1 , dibuat versi penggantinya adalah Windows 95 . Jika tampilan Windows 3.1 masih dalam bentuk kotak , tampilan Windows 95 telah mulai menarik .


Windows 98 Ini adalah salah satu versi terlaris Windows dan terkenal karena stabil dan dapat dikombinasikan dengan berbagai hardware . Versi Windows 98 dirilis untuk pertama kalinya pada tahun 1997 . Windows Me merupakan singkatan dari Windows Millenium . Sesuai namanya , versi Windows ini dirilis pada pertengahan 1999 , untuk menyambut milenium baru . Windows Me adalah penerus Windows 98 yang memiliki fasilitas dan kemampuan yang lebih baik , tapi tampaknya tidak jauh berbeda dari Windows 98 . Windows 2000 versi Windows yang dibuat untuk bekerja dengan sistem jaringan komputer , sehingga komputer mudah untuk bertukar data dengan komputer lain . Selain itu , Windows 2000 juga dilengkapi dengan tingkat keamanan yang baik seperti yang diatur oleh administrator . Dengan demikian , setiap pengguna (user ) account dan komputer bisa memiliki hak akses pribadi untuk mengakses komputer . Windows XP adalah jenis yang paling terkenal Windows saat ini . XP singkatan Experience , yang artinya " pengalaman " . Dinamakan seperti itu karena penampilan dan kemampuan Windows XP benar-benar berbeda jika dibandingkan dengan pendahulunya . Dengan versi Windows ini , kita diharapkan untuk mendapatkan pengalaman baru dan ' tentu saja ' juga kemudahan - kemudahan . Windows 2003 merupakan versi update dari Windows 2000 yang mendukung kerja sistem jaringan komputer dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi . Windows Vista Versi ini adalah versio kurang populer . Kemudian Windows 7 adalah sistem operasi keluaran Microsoft berikutnya . The Last Windows 8 pada saat artikel ini dibuat , Windows 8 adalah sistem operasi terbaru yang dirilis oleh Microsoft . Jika demikian bersemangat sebelum logo windows , maka windows 8 adalah logo dibuat menjadi lebih sederhana


By no name
A Short Description about youself







Stay Connected With Us
Feed Icon Twitter Icon Facebook Icon Google+ Icon Youtube Icon


Share and Spread Share On Facebook +1 This Post Digg This Post Stumble This Post Tweet This Post Tweet This Post Tweet This Post Save Tis Post To Delicious Share On Reddit Bookmark On Technorati


Related Articles

JOIN THE DISCUSSION

Any feedback, questions or ideas are always welcome. In case you are posting Code ,then first escape it using Postify and then paste it in the comments

0 komentar: